Apakah Keloid Bisa Hilang Sendiri?

Penyakit keloid merupakan sebuah gangguan abnormal pada jaringan, dimana gangguan tersebut menyebabkan pertumbuhan jaringan menjadi tidak secara semestinya, penyebab dari penyakit keloid sendiri bermacam-macam, mulai dari keturunan, luka bakar dan masih banyak lagi.
Apakah Keloid Bisa Hilang Sendiri?
keloid di kulit
Benjolan yang muncul pada area permukaan kulit akibat penyakit keloid terjadi karena jaringan ikat kulit memproduksi kolegan secara berlebihan, produksi kolegan secara berlebihan inilah yang menyebabkan sebuah benjolan di area kulit, sebenarnya kolegan tersebut sangat berfungsi untuk kulit kita yakni untuk menjaga kekencangan dan menghindarkan dari penuaan dini, akan tetapi jika kolegan tersebut diproduksi secara berlebihan, akan menyebabkan kulit mengalami pertumbuhan abnormal.

Apakah Keloid Bisa Hilang Sendiri?

Banyak orang yang menganggap penyakit keloid sebagai daging tumbuh, akan tetapi sebenarnya berbeda, salah satu perbedaan tersebut adalah penyakit keloid bisa hilang dengan sendirinya, akan tetapi untuk penyakit daging tubuh tidak dapat hilang dengan sendirinya, karena pada dasarnya penyakit daging tumbuh harus diatasi dengan melakukan operasi.

Penyakit keloid memang bisa hilang atau sembuh dengan sendirinya, akan tetapi bukan berarti penyakit keloid tidak berbahaya, karena jika penyakit keloid ini mengalami komplikasi akan menyebabkan penyakit lain menjadi muncul, seperti tumor dan kanker kulit. Komplikasi penyakit keloid tersebut dapat terjadi karena berbagai macam faktor, mulai dari paparan sinar matahari, pengaruh oba*t-oba*tan kimia hingga karena penyakit lain.

Kemungkinan penyakit keloid untuk sembuh dengan sendirinya sebesar 70 %, dengan tingkat kesembuhan sebesar itu, maka penderita penyakit keloid tentunya bisa lebih lega, akan tetapi penyakit keloid tersebut bisa hilang sendiri dengan syarat penderita harus menjaga kebersihan kulit, menjaga pola makan, gaya hidup sehat dan masih banyak lagi.

Konsumsi makanan disini memiliki perananan yang sangat penting, karena jika Anda salah dalam mengonsumsi makanan maka akan menyebabkan kolegan semakin diproduksi secara berlebih, sehingga malah membuat benjolan keloid semakin besar dan menyebar ke area kulit yang lainya. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung silika, seperti buah dan sayur. Contohnya adalah brokoli, kol, buah pepaya, buah jeruk, buah alpukat dan masih banyak lagi.

Nah itulah jabawan mengenai pertanyaan apakah penyakit keloid bisa sembuh dengan sendirinya, walaupun bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi penyakit keloid juga perlu dilakukan perawatan yang lebih intensif, mengingat penyakit keloid jika sudah lama bisa menimbulkan sebuah komplikasi akut, terlebih jika keloid tersebut muncul karena bawaan atau genetik, maka akan sangat perlu penanganan secara sedini mungkin, namun apabila keloid tersebut disebabkan karena luka kecil, seperti bekas jerawat, bekas tergigit serangga dan lainya, tanpa perawatanpun penyakit keloid tersebut bisa hilang dengan sendirinya, bahkan tanpa Anda sadari atau ketahui sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel