Ciri-Ciri Dan Gejala Penyakit Keloid

Penyakit keloid adalah semacam gangguan kesehatan di permukaan kulit dimana telah terjadi kelebihan produksi kolegan pada lapisan kulit, produksi kolagen berlebih ini terjadi karena tubuh mengalami kekuarangan zat silika. Penyakit keloid sebenarnya tidaklah berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, karena pada dasarnya tidak menganggu aktivitas yang sedang kita lakukan, namun walaupun begitu penyakit keloid juga akan menjadi sangat berbahaya jika mengalami komplikasi, karena dari komplikasi ini akan menimbulkan munculnya penyakit kronis seperti tumor dan kanker.
Ciri-Ciri Dan Gejala Penyakit Keloid
Keloid di tangan
Maka dari itu mengingat bahaya keloid jika tidak diobati, tentunya menyadarkan kita untuk selalu merawat dan menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit keloid, untuk mengetahui apakah Anda berisiko terkena penyakit keloid atau tidak, silahkan simak ciri-ciri dan gejala penyakit keloid berikut ini.

Ciri-Ciri Dan Gejala Penyakit Keloid

1. Munculnya rasa gatal di permukaan kulit
Rasa gatal memang sangat wajar sekali kita alami, kita banyak menyangka bahwa gatal-gatal terjadi karena kulit merespon buruk terhadap lingkungan, akan tetapi jika gatal-gatal tersebut berlebihan, terutama pada bagian kulit sehabis terluka, maka Anda harus lebih waspada, karena gatal-gatal tersebut mungkin saja ciri dan gejala penyakit keloid. Gatal-gatal ini terjadi karena kolegan di bawah permukaan kulit sangat banyak, sehingga menyebabkan iritasi kulit, dari sinilah kulit merespon buruk terhadap zat semacam itu.

2. Kulit menjadi merah
Ciri dan gejala selanjutnya yang menunjukan bahwa itu penyakit keloid adalah munculnya warna merah pada kulit atau kulit menjadi merah, warna kulit menjadi merah terjadi karena bagian area bekas luka tersebut mengalami pertumbuhan jaringan abnormal, kulit menjadi merah ini muncul tanpa sebab, namun tanda dan gejala penyakit keloid yang satu ini hanya muncul pada mereka yang bertipe kulit putih dan sensitif, untuk kulit hitam, warna merah ini bahkan tidak nampak.

3. Rasa nyeri, perih dan sensasi terbakar
Setelah gatal-gatal dan memerah, jika gejala penyakit keloid tersebut dibarengi dengan rasa nyeri, perih dan sensasi terbakar, maka Anda harus waspada, mungkin itulah ciri penyakit keloid pada saat awal muncul, rasa nyeri ini terjadi karena bagian atau area kulit bekas luka mengalami peradangan yang sangat serius, selain itu rasa nyeri atau perih ini juga dapa disebabkan karena jaringan di permukaan kulit mengalami kematian, terutama bagi Anda yang mengalami luka bakar, maka rasa nyeri dan perih akan sangat terasa di kulit.

Nah itulah ciri-ciri dan gejala penyakit keloid, namun untuk lebih memastikan apakah Anda terkena keloid atau tidak, maka akan sangat penting untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit, karena memang gejala di atas tidak bisa kita jadikan patokan utama dan yang paling dominan, namun dengan berkonsultasi ke dokter, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih pasti. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel