Penyebab Penyakit Keloid


Penyakit keloid adalah sebuah gangguan kesehatan kulit, di mana bagian kulit yang setelah mengalami luka tidak dapat kembali ke bentuk semula, bagian kulit tersebut membentuk sebuah jaringan parut. Penyakit keloid buklanlah penyakit yang berbahaya.
Penyebab Penyakit Keloid
Penyebab Penyakit Keloid
Penyebab penyakit keloid ini sendiri sebenarnya sulit untuk diketahui, namun ada beberapa indikator yang diduga menjadi penyebab munculnya penyakit keloid pada kulit, apa saja penyebab keloid tersebut? untuk menjawabnya silahkan simak 3 penyebab penyakit keloid berikut ini.

Penyebab Penyakit Keloid

1. Keturunan (Genetik)
Salah satu penyebab penyakit keloid terbesar dan sudaj diketahui secara pasti adalah karena faktor keturunan, menurut sebuah penelitian terhadap keluarga yang mengalami keloidbaik pihak orang tua suami ataupun istri, mereka secara otomatis akan menularkan gen DNA yang membawa mutasi keloid kepada anak yang akan dilahirkanya kelak. Sehingga apabila orang tua Anda mengalami penyakit keloid, maka usahakan tubuh Anda tidak terkena luka berat, terlebih pada bagian kulit yang mudah terlihat, karena bisa jadi kemungkinan besar, penyakit keloid akan muncul di permukaan kulit Anda.

2. Pengaruh oba*t-oba*tan
Oba*t-oba*tan juga dapat menjadi penyebab munculnya keloid di kulit kita, terlebih jika oba*t-oba*tan tersebut tergolong dalam antiseptik, antifungi ataupun antibiotik, maka akan sangat berisiko menyebabkan penyakit keloid, kandungan senyawa kimia yang terdapat pada oba*t-oba*tan tersebut tidak dapat diurai oleh tubuh, sehingga mengendap di permukaan kulit dan menyebabkan sebuah senyawa kolegan menumpuk pada kulit, dari sinilah penyakit keloid muncul.

3. Operasi besar
Selain keturunan dan oba*t-oba*tan, operasi juga dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit keloid pada kulit, terlebih jika operasi tersebut dilakukan dengan besar-besaran, seperti mengambil benda dalam tubuh, operasi caesar dan masih banyak lagi, bagian kulit yang mengalami pembedahan saat operasi ini tidak dapat tumbuh secara maksimal, karena mamang pada kulit tersebut jaringan fibrosa tidak dapat diproduksi secara optimal. Sehingga hal inilah yang menyebabkan jaringan parut pada luka bekas operasi muncul atau sering orang menyebut hal ini dengan penyakit keloid.

4. Kekurangan nutrisi
Nutrisi bagi kulit merupakan hal yang sangat krusial atau penting, seperti nutrisi vitamin, mineral ataupun senyawa lainya, karena dengan adanya nutrisi tersebut, maka kulit dapat meregenerasi sel kulit dengan baik, sehingga dapat memacu pertumbuhan kulit secara optimal, terlebih jika terkena luka. Sedangkan jika kulit tidak ternutrisi dengan baik, maka akan menyebabkan pertumbuhan menjadi terhambat, dan jika terkena luka, bekas luka tersebut akan terbentuk sebuah benjolan yang sering disebut dengan penyakit keloid.

5. Kulit terbakar
Penyebab munculnya penyakit keloid yang terakhir adalah karena kulit terbakar, ketika kulit terkena sebuah api, maka panas api tersebut akan membuat saraf di sekitar kulit manjadi tidak berfungsi, sehinga akibat saraf tidak berfungsi tersebut kulit tidak mampu melakukan regenerasi sel  yang baru, dari sinilah keloid muncul.

Itulah beberapa penyebab munculnya penyakit keloid

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel