Cara Menghilangkan Gatal-gatal pada Luka Keloid

Terkadang penyakit keloid bisa menimbulkan rasa gatal-gatal yang berlebihan pada kulit. munculnya rasa gatal pada penyakit keloid ini disebabkan karena area kulit disekitar keloid tersebut mengalami gangguan, bisa berupa iritasi, kulit kering, kusam dan lain sebagainya.
Gatal-gatal pada Luka Keloid
Gatal-gatal pada Luka Keloid
Memang sensasi gatal ini sangatlah berlebihan sekali, akan tetapi tidak diperkenankan bagi Anda untuk menggaruk area keloid tersebut, karena dengan Anda menggaruk area tersebut, maka akan menyebabkan munculnya luka baru dan bahkan bisa membuat keloid menjadi menyebar ke area kulit yang lainnya.

Sebenarnya ada banyak sekali cara mengatasi gatal-gatal pada keloid tersebut, biasanya untuk menghilangkan rasa gatal pada keloid penderita akan menggunakan salep. Memang benar salep mampu mengatasi gatal pada keloid dengan cepat, akan tetapi salep tersebut hanyalah bersifat sementara. Jika kita tidak menggunakan salep itu lagi, maka gatal-gatal akan kembali muncul, bahkan akibat yang ditimbulkan bisa lebih parah dari sebelumnya jika terus dibiarkan saja.

Solusi yang tepat untuk mengatasi gatal akibat luka keloid adalah dengan menggunakan beberapa bahan tradisional. bahan tradisional tidak mengandung senyawa kimia yang berbahaya sehinga sangat aman untuk kita gunakan. Selain itu bahan tradisional juga mampu menghilangkan gatal-gatal akibat keloid secara permanen.

Cara Menghilangkan Gatal-gatal pada Luka Keloid

1. Gunakan jahe

Jahe merupakan rempah asli yang berasal dari Indonesia, jahe di tanah air banyak dijadikan sebagai rempah penambah aroma masakan dan juga dapat dibaut sebagai minuman penghangat tubuh. Akan tetapi sebenarnta jahe memiliki manfaat yang lebih dari itu.

Jahe menurut penelitian mengandung antioksidan dan antibakterial yang sangat tinggi, dimana kandungan tersebut sangat efektif untuk mengatasi gatal-gatal akibat penyakit keloid.
  • Pertama siapkan satu gelas air hangat dan sebatang jahe.
  • Tumbuh jahe tersebut hingga halus dan masukan kedalam segelas air hangat tersebut untuk diseduh.
  • Oleskan seduhan jahe tersebut secara merata pada bagian kulit yang bermasalah, beri juga pemijatan secara lembut pada area tersebut.
  • Diamkan hingga mengering dan meresap sempurna.

2. Bawang merah/putih

Bawang merah ataupun putih bersifat abrasif, dimana sifat abrasifnya ini sangat efektif untuk mengatasi gatal pada luka keloid. Terutama jika tipe kulit Anda kering atau bersisik.
  • Pertama siapkan bawang merah/putih secukupnya saja.
  • Kupas dan haluskan bawang tersebut. halusan tersebut masukan kedalam sebuah kain yang lembut.
  • Peras kain tersebut hingga menghasilkan sari bawang berupa air.
  • Oleskan secara merata sari bawang merah/putih tersebut pada bagian kulit yang gatal, beri pijatan secara lembut dan diamkan hingga mengering.
  • Terakhir gunakan air hangat untuk membilas bersih sari bawang tersebut. selesai.
Namun ketika Anda menggunakan bawang kulit mengalami peradangan, hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel