Masa Perkembangan Penyakit Keloid

Penyakit keloid atau sering disebut dengan daging tumbuh merupakan sebuah gangguan kesehatan kulit dimana di permukaan kulit tersebut mengalami jaringan parut, penyakit keloid disebabkan karena banyak sekali faktor, mulai dari keturunan, gaya hidup yang kurang baik hingga terjadinya luka yang cukup serius, luka ini sering menyebabkan munculnya penyakit keloid, terutama untuk luka bakar ataupun luka karena operasi.
Masa Perkembangan Penyakit Keloid
keloid akibat pemakaian anting
Penyakit keloid menyebabkan sebuah benjolan yang berada di permukaan kulit, benjolan akan muncul setelah kita terkena luka, hal ini terjadi karena kulit memproduksi kolegan secara berlebihan, sebenarnya kolegan sangat diperlukan oleh tubuh, terutama kulit, karena dengan kolagen, kulit kita akan tampak lebih kencang dan terhindar dari masalah keriput atau penuaan dini. Produksi kolegan berlebiha ini terjadi karena tubuh mengalami kekurangan zat silika.

Benjolan keloid tersebut tidak serta merta menjadi besar secara langsung, akan tetapi benjolan tersebut juga mengalami masa perkembangan. Nah untuk mengetahui masa perkembangan penyakit keloid, maka silahkan simak informasi berikut ini.
Masa Perkembangan Penyakit Keloid

Masa perkembangan keloid sebenarnya sangat cepat, saat kita terkena luka, entah luka kerena benda tajam, terbakar ataupun operasi, maka kulit akan merespon dengan melakukan proses katabolisme dan anabolisme. Proses ini berlangsung mulai dari minggu pertama terkena luka hingga minggu keenam setelah terkena luka, pada keadaan normal kulit akan membentuk sebuah jaringan pembangun lagi atau sering disebut dengan jaringan fibrosa, akan tetapi pada orang yang mengalami penyakit keloid, luka yang dialami mereka tidak akan memproduksi jaringan pembangun, sehingga hal ini menyebabkan sel kulit tidak mampu memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat luka tersebut, pada akhirnya kulit akan mengalami gatal-gatal, terutama pada bagian atau area luka tersebut, gatal-gatal ini akan semakin terasa apabila memasuki waktu malam hari, terutama saat kita akan tidur.

Setelah gatal-gatal, masa perkebambangan penyakit keloid selanjutnya adalah membentuk jaringan parut di permukaan kulit, pada fase ini kita bisa melihat benjolan keloid yang agak samar-samar, jika kita sentuh benjolan tersebut maka akan terasa kenyal dan terlihat putih seperti daging tumbuh, akan tetapi terasa sangat sakit dan nyeri, terlebih jika terkena air ataupun tersentuh kulit lain, pada fase inilah kolegan mengalami kenaikan, benjolan tersebut semakin lama akan semakin membesar dan bahkan bisa lebih besar dari luka yang ditimbulkan sebelumnya, hingga pada akhirnya tepatnya beberapa bulan setelah fase ini, benjolan keloid akan tampak sangat jelas dan memiliki warna yang berbeda dari kulit disekitarnya. Saat fase terakhir ini, rasa nyeri ataupun perih sudah tidak terasa, jika Anda sentuh benjolan tersebut, maka akan terasa keras sedikit empuk, inilah yang disebut dengan keloid.

Demikian ulasan mengenai masa perkembangan penyakit keloid.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel