Apakah Keloid Berbahaya?

Penyakit keloid merupakan gangguan kesehatan yang sangat sering dialami oleh seseorang. Penyakit keloid dentik dengan terbentuknya neoplasma pada bagian permukaan kulit. seperti munculnya benjolan jaringan parut pada bekas luka.
Apakah Keloid Berbahaya?
Apakah Keloid Berbahaya?
Penyebab munculnya penyakit keloid ini sendiri ada banyak sekali. Mulai dari keturunan atau genetik, pola hidup yang kurang sehat, luka yang terlalu parah dan lain sebagainya. Sedangkan untuk gejala yang muncul juga sangat bervariasi. Mulai dari kulit area bekas luka mengalami pembangkakan, gatal dan sebagainya.

Banyak sekali orang yang bertanya apakah penyakit keloid itu berbahaya bagi kesehatan? sebenarnya penyakit keloid tidaklah berbahaya bagi kesehatan tubuh penderita. Karena tidak ada kasus yang menunjukan penyakit keloid dapat membunuh penderitanya.

Akan tetapi walaupun begitu, penyakit keloid juga akan menjadi sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan benar, karena benjolan keloid yang terbentuk pada bagian kulit jika tidak diatasi atau ditangani dengan benar akan menyebabkan benjolan tersebut menyebar ke area kulit lainnya.

Penyebaran benjolan keloid ini dapat terjadi karena produksi kolagen secara berlebihan. terlebih jika Anda mengalami luka di area tubuh. maka penyakit keloid akan sangat mudah sekali muncul di area bekas luka tersebut.

Bahaya Penyakit Keloid Bagi Kesehatan

Seperti yang dijelaskan diatas tadi bahwa sebenarnya penyakit keloid tidaklah berbahaya bagi kesehatan tubuh jika penyakit ini tidak menyebar keseluruh tubuh. akan tetapi jika menyebar akan sangat berbahaya sekali, terlebih bagi penampilan Anda. karena tidak mungkin penderita bisa tampil maksimal dengan beberapa benjolan keloid di area sekitar kulitnya. Terlebih untuk area kulit wajah.

Oleh sebab itu sebelum penyakit keloid menyebar keseluruh tubuh. sangat penting kiranya untuk melakukan penanganan sedini mungkin. Anda bisa menggunakan salep penghilang keloid, suntik cartisone, silika, cara herbal dan sebagainya.

Memang banyak sekali yang berpendapat bahwa penyakit keloid bisa dihilangkan dengan melakukan operasi. Akan tetapi operasi ini sebenarnya sangatlah berbahaya untuk dilakukan. Terlebih bagi Anda yang menderita penyakit keloid akibat katurunan atau genetik. Karena jika dilakukan pembedahan pada area kulit, secara otomatis akan menyebabkan luka baru menjadi terbentuk. Nah luka baru inilah yang sangat berisiko menimbulkan penyakit keloid.

Namun jika penyakit keloid Anda masih sangat tergolong ringan. Anda bisa melakukan tindakan operasi untuk mengobati penyakit ini, tentunya harus didukung dengan para tenaga ahli yang memang sudah mahir dalam melakukan pembedahan area keloid tersebut. karena jika hanya mengandalkan tenaga asal-asalan akan sangat berbahaya, terlebih jika tidak memperhatikan posisi sayatan untuk operasinya.

Selain melakukan penanganan atau pengobatan penyakit keloid, Anda juga harus selalu menjaga gaya hidup sehat. Seperti olahraga, konsumsi makanan bergizi dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penyembuhan penyakit keloid.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel