Apakah Keloid Bisa Dioperasi?

Penyakit keloid merupakan sebuah bekas luka yang mengalami pertumbuhan jaringan parut melebihi batas bekas luka itu sendiri. keloid dapat muncul atau menyerang siapa saja. mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga lansia. Tentunya setiap bekas luka yang terbentuk memiliki ukuran besar keloid yang berbeda-beda. Besarnya ukuran keloid tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain seperti dalamnya bekas luka, luasnya bekas luka, lokasi bekas luka dan genetika atau keturunan.
Apakah Keloid Bisa Dioperasi?
Apakah Keloid Bisa Dioperasi?
Jika Anda adalah salah satu keturunan yang berasal dari riwayat keluarga penderita keloid. Maka Anda harus lebih waspada, karena Anda lebih berisiko terkena penyakit keloid dari pada orang yang tidak berasal dari keturunan penderita keloid. Memang sangat sulit mencegah munculnya penyakit keloid keturunan. Namun Anda bisa mencegahnya dengan pola hidup sehat dan meminimalisir terbentuknya luka di area kulit tubuh.

Penyakit keloid memiliki konsistensi kenyal, mengkilat dan memiliki warna yang bervariasi. Perbedaan warna ini tergantung dari pigmen kulit penderita. Ada yang penyakit keloid berwarna merah jambu, coklat, merah muda, merah daging, coklat gelap dan lain sebagainya. Selain memiliki bentuk dan warna yang bervariasi. Penyakit keloid juga sering menimbulkan sensasi gatal-gatal, nyeri tajam dan bahkan perubahan bentuk. Bahkan pada beberapa kasus penderita keloid yang sudah parah bisa menyebabkan terhambatnya gerakan dari area kulit itu sendiri.

Apakah keloid bisa dioperasi?

Sedangkan untuk mengatasi penyakit keloid ini sebenarnya ada banyak sekali. Mulai dari pengguaan salep hingga tindakan operasi. Namun apakah keloid bisa dioperasi? Banyak sekali ahli yang berpendapat bahwa keloid bisa disembuhkan dengan jalan operasi. Akan tetapi banyak juga ahli yang berpendapat bahwa penyakit keloid tidak bisa disembuhkan dengan operasi, karena jika luka terbentuk maka akan menimbulkan keloid yang baru lagi.

Sebenarnya penyakit keloid bisa disembuhkan dengan cara operasi. Akan tetapi dengan syarat keloid tersebut bukan karena keturunan dan memiliki ukuran yang kecil-kecil kurang dari diameter 2 cm. Jika Anda adalah salah seorang penderita keloid keturunan. Maka jalan yang paling tepat untuk menyembuhkan keloid tersebut adalah dengan melalui terapi herbal tradisional, suntik cartinsone dan sebagainya. Hindari operasi, karena jika penderita keloid keturunan melakukan operasi, maka akan sangat berbahaya.

Untuk melakukan operasi keloid juga harus dilakukan oleh para ahli kesehatan yang sudah berpengalaman. Karena jika eksisi pembedahan tersebut tidak tepat atau tidak mengenai sasaran keloid, maka akan menimbulkan sel penyakit keloid tersebut tumbuh kembali. Setelah melalukan operasi bukan berarti Anda sembuh total. Akan tetapi Anda juga harus menjaga pola hidup sehat untuk mencegah keloid tersebut datang kembali. Seperti rutin melakukan olahraga, konsumsi makanan bergizi, menghindari kebiasaan buruk dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel