Apakah Keloid dapat Menular?

Jika Anda mengalami sebuah luka. Entah itu luka bakar, tersayat benda tajam ataupun yang lainnya, maka rawatlah luka tersebut dengan sebaik mungkin. Karena jika tidak terawat dengan baik akan menimbulkan munculnya jaringan parut pada bagian bekas luka tersebut atau sering disebut juga dengan penyakit keloid.
Apakah Keloid dapat Menular?
Apakah Keloid dapat Menular?
Penyebab munculnya penyakit keloid ini sendiri belum diketahui secara pasti. Akan tetapi ada beberapa orang yang mengalami penebalan pada jaringan fibrosa bekas luka. Dimana yang seharusnya proses penutupan luka tersebut terhenti. Namun jaringan fibrosa tersebut masih saja terbentuk. Sehingga dari sinilah menyebabkan munculnya sebuah benjolan mengkilat yang disebut juga dengan benjolan penyakit keloid.

Penyakit keloid ini bisa menyerang siapa saja. bagi Anda yang memang merupakan keturunan dari penderita keloid, maka Anda harus lebih waspada terhadap sebuah luka. Karena seseorang yang berasal dari riwayat keluarga penderita, akan jauh lebih berisiko terkena penyakit keloid sebesar 6 kali. Lalu apakah keloid bisa menular dari satu orang ke orang yang lain?

Apakah keloid dapat menular?

Memang penyakit keloid terlihat sangat menyeramkan. Karena bentuknya hampir sama dengan tumor ataupun kanker. Akan tetapi penyakit keloid lebih bersifat tidak agrsif dan tidak menular ke orang lain. jadi jika Anda berdekatan pada penderita penyakit keloid, Anda tidak usah takut akan tertular penyakit ini.

Penyakit keloid hanya bisa menular pada keturunannya. Maka dari itu jika Anda berasal dari keturunan penderita keloid. Anda haruslah lebih waspada terhadap luka yang terbentuk. Selain tidak menular, penyakit keloid juga tidaklah berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena pada dasarnya tidak menimbulkan kematian bagi penderitanya.

Akan tetapi walaupun tidak berbahaya dan tidak menular. Adanya penyakit keloid ini dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Terutama pada penampilan, karena jika benjolan tersebut muncul di area kulit yang mudah terlihat, maka akan menyebabkan rasa percaya diri menjadi turun drastis dan penampilan menjadi buruk. Terlebih lagi jika benjolan penyakit keloid tersebut menimbulkan nyeri ataupun gatal-gatal, maka akan sangat menganggu aktivitas kita sehari-hari.

Cara Mengobati Penyakit Keloid

Sedangkan untuk mengatasi penyakit keloid ini sendiri ada banyak sekali cara. mulai dari operasi pembedahan, suntik cartisone, tindakan pembekuan dengan nitrogen cair dan lain sebagainya. Namun jika Anda menderita penyakit keloid yang sudah parah dan benjolan keloid sudah merata keseluruh tubuh. janganlah melakukan tindakan operasi, karena hal ini sangat berbahaya (dapat menimbulkan munculnya keloid baru). Akan tetapi Anda bisa melakukan suntik cartisone ataupun metode pembekuan menggunakan nitrogen cair.

Itulah ulasan informasi mengenai penyakit keloid apakah bisa meular atau tidak. Memang penyakit ini tidak menular, akan tetapi jika dibiarkan akan sangat berbahaya bagi penderitanya sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel