Cara Mencegah Keloid Muncul Kembali

Penyakit keloid merupakan sebuah gangguan kesehatan yang terjadi pada kulit, dimana sel kulit tidak dapat tumbuh secara semestinya atau bisa dibilang tumbuh secara abnormal. Penyebab dari munculnya penyakit keloid ini sendiri bermacam-macam, bisa terjadi karena luka yang cukup serius, pola hidup yang salah dan bahkan keturunan.
Cara Mencegah Keloid Muncul Kembali
Cara Mencegah Keloid Muncul Kembali
Jika Anda sudah sembuh dari penyakit keloid ini, maka Anda jangan lantas bersenang-senang terlebih dahulu, karena masih ada peluang penyakit keloid tersebut bisa datang kembali sewaktu-waktu. Lantas bagaimana cara mencegah penyakit keloid agar tidak datang kembali itu? nah untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut, silahkan terapkan cara mencegah keloid muncul kembali berikut ini.

Cara mencegah keloid muncul kembali

1. Usahakan untuk seminimal mungkin terkena luka

Jika Anda merupakan penderita penyakit keloid yang datang dari masalah keturunan, maka untuk mencegah munculnya keloid kembali ini sedikit lebih sulit. pasalnya setiap kali Anda terkena luka, bekas luka tersebut akan berubah menjadi keloid dengan cepat. cara mencegah penyakit keloid agar tidak muncul kembali adalah dengan meminimalisir terkena luka.

Memang sangatlah sulit sekali untuk meminimalisir terkena luka, akan tetapi Anda bisa mengusahakan untuk tidak melakukan operasi besar, seperti oplas (operasi plastik) jikalau operasi tersebut tidak penting atau hanya sekedar untuk kecantikan saja. karena jika operasi tersebut Anda lakukan, maka akan menyebabkan munculnya penyakit keloid yang sangat besar di wajah ataupun bagian lainnya.

2. Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat sangatla penting untuk menjaga daya tahan tubuh kita. selain itu dengan melakukan gaya hidup sehat, maka pencegahan penyakit keloid agar tidak datang kembali bisa secara optimal. pola hidup sehat yang sangat efektif untuk mencegah munculnya keloid kembali adalah dengan rutin melakukan olahraga, konsumsi makanan bergizi, hindari kebiasaan-kebiasaan buruk dan masih banyak lagi. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin seperti yoga, jogging ataupun yang lainnya, setelah berolahraga Anda dapat memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh kulit, seperti konsumsi buah, sayur, daging dan sejenisnya.

Dengan begitu sistem metabolisme dalam tubuh Anda akan berjalan dengan lancar, sehingga pencegah penyakit keloid bisa secara maksimal. Selain itu Anda juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti begadang, mabuk (minum alkoho*l), meroko*k dan lain sebagainya. Karena kebiasaan buruk tersebut mampu memicu munculnya penyakit keloid.

3. Sering berkonsultasi ke dokter

Cara mencegah agar penyakit keloid tidak muncul kembali selanjutnya adalah dengan sering berkonsultasi secara rutin ke dokter spesialis kulit. hal ini bertujuan agar kita lebih mengetahui perkembangan bekas luka yang terjadi pada kulit kita, jikalau bekas luka tersebut memiliki ciri keloid, maka kita bisa melakukan pencegahan penyakit keloid sedini mungkin. Anda bisa mengunjungi dokter untuk berkonsultasi setaiap 3 bulan sekali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel