Penyebab Gatal-Gatal Pada Keloid Kulit

Selain menganggu penampilan, terkadang penyakit keloid juga dapat menimbulkan gejala gatal-gatal pada kulit terutama untuk area benjolan keloid tersebut, sebenarnya gatal-gatal akibat penyakit keloid ini sangatlah wajar, karena kulit merespon baik dengan mengeluarkan bakteri penyebab gatal-gatal pada keloid tersebut.
Penyebab Gatal-Gatal Pada Keloid Kulit
Gatal-Gatal Pada Keloid Kulit
Nah bagi Anda yang saat ini mengalami gatal-gatal akibat penyakit keloid, maka Anda harus mengetahui apa saja penyebab gatal-gatal pada keloid kulit tersebut, agar Anda dapat melakukan penanganan yang lebih baik dan efektif.

Penyebab Gatal-Gatal Pada Keloid Kulit

1. Kulit sekitar keloid kering

Penyebab gatal pada keloid yang pertama adalah kulit mengalami kekeringan (xerosis), penyebab gatal pada keloid yang terbesar dikarenakan oleh kulit kering ini, terlebih jika kulit Anda mengalami kekeringan hingga bersisik ataupun mengelupas, maka gatal-gatal tidak tertahankan.

2. Gangguan saraf

Gangguan saraf juga dapat menjadi penyebab gatal-gatal pada keloid di kulit, kondisi gatal ini dipengaruhi oleh saraf sclerosis atapun saraf terjepit, sehingga menyebabkan gangguan di permukaan kulit, terutama pada bagian benjolan keloid.

3. Obat

Obat berupa antiseptik ataupun antibiotik juga dapat menyumbang gatal-gatal pada area penyakit keloid di kulit, oba*t-oba*tan tersebut menyebabkan gatal-gatal pada keloid biasanya dikonsumsi dalam jumlah yang sangat besar atau melebihi dosis. Gatal yang disebabkan karena oba*t sering dikenal sebagai drug eruptions.

4. Penyakit dalam

Penyakit dalam juga dapay menyumbang penyebab gatal pada keloid di kulit Anda, penyakit dalam yang menyebabkan gatal-gatal antara lain, seperti diabetes melitus, anemia, leukimia, tumor, kista, kanker, kolesterol tinggi dan masih banyak lagi, terlebih jika Anda mengalami penyakit jantung, maka gatal-gatal pada area penyakit keloid akan sangat mudah sekali muncul.

5. Iritasi dan alergi

penyebab gatal-gatal pada penyakit keloid yang sering dialami oleh seseorang adalah akibat terjadinya alergi atau iritasi, seperti iritasi terhadap lingkungan, makanan ataupun pakaian, gatal-gatal akibat iritasi ataupun alergi ini muncul dengan tanpa merah dan ruam pada bagian kulit, terutama pada bagian area keloid.

Jika Anda mengalami gatal-gatal disekitar penyakit keloid maka jangan sekali-kali untuk menggaruknya, karena dengan Anda menggaruk, maka keloid tersebut akan bertambah lebih besar dan menyebar ke bagian kulit yang lainya, untuk mengatasi gatal tersebut Anda dapat menggunakan air hangat dengan cara mengompreskan pada bagian kulit keloid selama 30 menit, lakukan terus hingga rasa gatal menjadi hilang, selain itu Anda juga bisa mengatasi gatal tersebut dengan menggunakan salep penghilang rasa gatal.

Itulah beberapa penyebab gatal-gatal pada keloid kulit. dengan mengetahui informasi kali ini, maka Anda dapat menghindari penyebab gatal-gatal tersebut, sehingga Anda secara efektif bisa melakukan sebuah pencegahan untuk menghindari gatal-gatal tersebut dengan lebih dini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel