Cara Menangani Luka Bakar agar Tidak Menjadi Keloid

Keloid dapat muncul karena luka. Luka bekas jerawat, luka operasi, luka sayatan benda tajam, bekas luka tergores dan bahkan bekas luka bakar. Banyak orang mengklaim penyebab munculnya penyakit keloid ini terjadi karena keturunan atau genetik, memang benar penyebab penyakit keloid yang paling besar terjadi akibat keturunan, akan tetapi beberapa kasus menunjukan bahwa penyakit keloid juga bisa disebabkan karena luka yang cukup serius, dimana luka tersebut membuat jaringan menjadi terganggu. Sehingga menyebabkan pertumbuhan jaringan menjadi abnormal. Contoh luka yang sangat berisiko menyebabkan munculnya penyakit keloid adalah luka bakar.
Menangani Luka Bakar agar Tidak Menjadi Keloid
Menangani Luka Bakar agar Tidak Menjadi Keloid
Bagi Anda yang saat ini terkena benda panas atau terbakar, entah itu di kulit tangan, kaki ataupun dareah yang lainnya, Anda harus lebih waspada, karena bisa saja Anda akan terkena penyakit keloid. Lantas bagaimana cara mencegah keloid akibat luka bakar? Untuk menghambat proses perkembangan keloid akibat luka bakar, silahkan terapkan beberapa cara berikut ini.

Cara menangani luka bakar agar tidak menjadi keloid

1. Mentimun

Mentimun mengandung senyawa yang bersifat dingin, kandungan inilah yang mampu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan karena lebih bersifat anti-infalamasi. Selain itu mentimun juga mengandung berbagai macam vitamin, terutama vitamin C dan E yang menurut penelitian mampu memacu proses pertumbuhan sel kulit baru. Oleh sebab itu mentimun sangat efektif untuk mencegah keloid akibat luka bakar yang Anda derita.
  • Pertama siapkan buah mentimun secukupnya saja, lalu haluskan mentimun tersebut bersama dengan kulit-kulitnya hingga benar-benar halus.
  • Oleskan secara merata halusan mentimun tersebut di permukaan kulit yang terkena luka bakar. Tidak perlu di pijat, karena jika Anda beri pijatan akan menyebabkan terbentuknya luka baru.
  • Diamkan selama 30 menit atau hingga mentimun mengering dengan sendirinya.
  • Terakhir gunakan air dingin untuk membilas bersih halusan mentimun tersebut.

2. Lidah buaya

Selain mentimun, lidah buaya juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang sangat tinggi. Dimana kandungan tersebut mampu mengurangi peradangan pada luka bakar yang mungkin akan menyebabkan munculnya penyakit keloid. Selain berfungsi untuk mencegah penyakit keloid, lidah buaya juga berfungsi untuk menghaluskan kulit, melembabkan kulit dan merawat kesehatan kulit Anda.
  • Pertama ambil satu helai daun lidah buaya yang masih segar. Kemudian ambil gel atau lendir yang berada di dalamnya.
  • Bersihkan terlebih dahulu area kulit bekas luka bakar Anda. jika sudah oleskan gel lidah buaya tersebut secara merata pada bagian kulit yang bermasalah.
  • Diamkan selama 30-60 menit atau hingga kering dan setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih.
Itulah beberapa cara mengatasi luka bakar agar tidak tumbuh penyakit keloid.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel