Cara Menghilangkan Keloid Bekas Luka Bakar

Banyak orang yang berpendapat bahwa keloid hanya disebabkan karena keturunan saja, memang benar penyebab utama munculnya penyakit keloid berasal dari keturunan. Akan tetapi beberapa kasus menunjukan beberapa orang terkena penyakit keloid bukan karena dia memiliki riwayat keluarga sebagai penderita, melainkan dia mengalami penyakit keloid karena dirinya terkena luka yang cukup serius, dimana luka tersebut menyebabkan beberapa sel kulit mengalami pertumbuhan abnormal. Salah satunya adalah luka yang disebabkan karena benda panas (luka bakar).
Cara Menghilangkan Keloid Bekas Luka Bakar
Bekas Luka Bakar
Ada banyak sekali cara mengatasi keloid bekas luka bakar ini, kita bisa melakukan operasi pembedahan, suntik silika, suntik cartisone dan lain sebagainya. Namun sebelum Anda melakukan cara tersebut, lebih baik terapkan cara alami menghilangkan keloid bekas luka bakar apabila benjolan masih sangat kecil atau belum lama. bagaimanakah cara menghilangkan keloid bekas luka bakar secara alami itu? untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasan berikut ini.

Cara Menghilangkan Keloid Bekas Luka Bakar yang Sulit Dihilangkan

1. Gunakan mentimun segar

Mentimun mengandung senyawa anti-inflamasi yang sangat tinggi, kandungan inilah yang sangat efektif dan ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada keloid bekas luka bakar. Selain mampu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan, mentimun juga mampu menghilangkan benjolan keloid bekas luka bakar tersebut secara efektif.
  • Pertama siapkan mentimun segar secukupnya saja dan juga 3 sendok makan madu alami.
  • Haluskan buah mentimun tersebut beserta dengan kulit dan bijinya, Anda bisa menggunakan blender ataupun dengan cara menumbuk secara manual. Lalu campurkan dengan madu alami tersebut.
  • Sebelum menggunakan halusan tersebut, bersihkan terlebih dahulu area bekas luka bakar yang mengalami keloid tersebut.
  • Jika sudah bersih, mulailah mengaplikasikan halusan tersebut secara merata pada bagian keloid.
  • Diamkan selama 30 menit atau hingga campuran mentimun tersebut kering dan kaku di kulit.
  • Terakhir gunakan air dingin untuk membilas bersih campuran tersebut.

2. Bengkoang

Bengkoang pada dasarnya digunakan untuk merawat dan memutihkan kulit. akan tetapi sebenarnya manfaat bengkoang bisa lebih dari itu, di dalam air bengkoang mengandung mineral silika yang sangat tinggi, dimana kandungan tersebut sangatlah efektif untuk menghambat pertumbuhan benjolan keloid Anda. selain itu air bengkoang juga bersifat dingin, sehingga bisa Anda gunakan untuk menenangkan kulit bekas luka bakar.
  • Pertama-tama siapkan 1 buah bengkoang segar dan minyak zaitun sebanyak 3 sendok makan saja.
  • Kupas dan cuci bersih bengkoang tersebut, kemudian haluskan dengan menggunakan blender atau bisa juga dengan memarutnya.
  • Peraslah air perasan tersebut kedalam sebuah wadah dan diamkan air perasan bengkoang tersebut mengendap selama satu malam.
  • Jika sudah mengendap selama satu malam, buanglah air jernih atau bening yang berada di atasnya. Lalu campur endapan putih bersama dengan 3 sendok makan minyak zaitun.
  • Oles-oleskan campuran minyak zaitun secara merata di bagian kulit yang bermasalah dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin hingg bersih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel