Bagaimana Keloid Bisa Muncul di Kulit?

Penyakit keloid merupakan sebuah gangguan kesehatan kulit, di mana bagian kulit sehabis terkena luka muncul berupa jaringan parut atau benjolan seperti daging tumbuh. Penyakit keloid ini muncul tergantung dari bekas luka yang terbentuk. Jika bekas luka tersebut besar, maka secara otomatis keloid yang akan terbentuk juga besar.
Bagaimana Keloid Bisa Muncul di Kulit?
Keloid Bisa Muncul di Kulit
Penyakit keloid pada dasarnya merupakan gangguan kesehatan kulit yang disebabkan karena produksi kolegan secara berlebihan setelah luka terbentuk. Bekas luka tersebut memacu pertumbuhan jaringan fibrosa secara berlebihan pada bagian bekas luka. Hal inilah yang menyebabkan munculnya sebuah benjolan pada bekas luka tersebut.

Benjolan penyakit keloid ini memiliki bentuk yang bervariasi. Perbedaan bentuk itu sendiri tergantung pada besarnya bekas luka, tingkat kedalaman, lokasi bekas luka dan lain sebagainya. Selain berbeda-beda bentuknya. Benjolan penyakit keloid pada kulit juga memiliki tekstur dan warna berbeda-beda. Ada yang memiliki warna merah muda, merah tua, merah daging, coklat, coklat tua hingga hitam. Perbedaan tersebut tergantung dari jenis kulit si penderita. Lantas bagaimana keloid itu bisa muncul di kulit?

Bagaimana keloid bisa muncul di kulit?

Penyakit keloid dapat muncul di permukaan kulit disebabkan karena memang yang memproduksi jaringan fibrosa atau jaringan penutup luka hanyalah terdapat pada bagian kulit. seharusnya setelah luka tertutup produksi jaringan fibrosa tersebut terhenti. Akan tetapi pada penderita penyakit keloid, produksi jaringan tersebut masih berlanjut hingga menyebababkan benjolan terbentuk. Bahkan jaringan fibrosa tersebut akan tetap diproduksi hingga membesar dan menyebar keseluruh bagian tubuh penderita.

Produksi jaringan fibrosa tersebut terjadi karena tubuh mengalami kelebihan kolegan akibat kekurangan senyawa silika di dalam tubuh. hal inilah yang menjadi salah satunya alasan mengapa penderita keloid dapat disembuhkan dengan suntik senyawa silika.

Sedangkan untuk penyebab munculnya penyakit keloid sendiri belum diketahui secara pasti. Para ahli masih melakukan penelitian mendalam mengenai penyebab utama terbentuknya penyakit keloid ini. akan tetapi disinyalir penyakit satu ini dapat disebabkan karena masalah mutasi genetik atau keturunan.

Oleh sebab itu jika Anda merupakan keturunan dari penderita keloid, maka Anda harus jauh lebih waspada terhadap sebuah luka yang terbentuk. Usahakan meminimalisir terbentuknya luka di area tubuh untuk menghindari penyakit keloid, walaupun sebenarnya sangatlah sulit. namun jika sudah terlanjur terbentuk luka, Anda bisa merawat luka tersebut sebaik mungkin agar tidak menimbulkan munculnya jaringan parut pada bagian kulit (keloid)

Pengobatan Penyakit Keloid

Untuk pengobatan penyakit keloid sendiri juga sangatlah bervariasi sekarang ini. Anda bisa melakukan tindakan-tindakan medis ataupun non-medis. Tindakan medis antara lain dengan pembedahan/operasi, suntik cartisone, pembekuan dengan nitrogen cair, radiasi dan konsumsi oba*t-oba*tan. Sedangkan untuk penanganan non-medis. Anda bisa mengonsumsi oba*t herbal, fisioterapi, olahraga rehabilitasi dan lain sebagainya.

Untuk kesembuhan penyakit keloid secara optimal, akan sangat penting bagi Anda mengombinasikan kedua pengoba*tan tersebut. seperti misalkan setelah melakukan operasi, Anda bisa melakukan olahraga rehabilitasi untuk mencegah munculnya keloid kembali dan memulihkan kondisi tubuh secara lebih optimal. dengan begitu penyakit keloid bisa sembuh secara lebih cepat dan tidak menimbulkan keloid baru terbentuk.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel